Pengobatan Anak Autis

Saat ini jumlah penyandang Autisme di indonesia semakin meningkat secara drastis,banyak sekali kita temui anak-anak austistik di indonesia. Sebagian besar diantara mereka banyak yang tidak memperoleh Pengobatan Anak Autis yang sesuai dengan yang telah dipersyaratkan. Hal ini tentunya menjadi keprihatinkan kita semua.

Autisme adalah  gangguan perkembangan nerobio logis yang berat yang terjadi pada anak sehingga menimbulakan masalah pad anak untuk berkominaksi dan berelasi (berhubungan) denagn lingkungannya. Penyandang autisme tidak dapat berhubungan dengan orang lain secara berarti, serta kemampuannya untuk membangun hubungan dengan orang lain terganggu karena masalah ketidakmampuannya untuk berkomunikasi dan untuk mengerti apa yang dimaksud oleh orang lain.

pengobatan-anak-autis

Pengobatan Anak Autis Jika seorang anak didiagnosis autisme/autistik , maka hal yang sangat penting adalah intervensi terapi pada anak.berbagai ragam  cara  anak ditawarkan diseluruh dunia,namun hanya 2 terapi utama (Intervetion of choice)  Untuk autisme, yaitu ABA (Applied behavior Analysis) Dan BIT (Biomedical Intervention Therapy) .Sedangkan selain ABA atau BIT ,Terapi Autis lainnya merupakan terapi tambahan jika diperlukan saja ,hanya dilakukan jika ada masalah tertentu pada seorang a anak.

ABA(Applied Behavior Analysis) ABA (Apliedd Behavior Analysis)Merupakan intervensi dalam pengajaran dan pelatihan anak autistik, sedang BIT (Biomedical Intervention Therapy) Merupakan manajemen mediknya.Kedua hal ini sering diibaratkan komputer, yaitu adanya perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak software,operating system) ABA merupakan software yang canggih,ibarat windows (7) seven hanya bisa dijalankan degan baik pada komputer i3 tidak mungkin dijalankan dengan komputer lain.

BIT(Biomedical Intervention Therapy)

Terdiri atas restrictive-diet, medikamentosa (obat-obatan) dan suplemen .Diet dilakukan terhadap berbagai makanan apapun yang diketahui mempunyai efek yang tidak baik pada anak.Diet utamanya terhadap susu dan terigu yang disebut CFGFSF(Casein Free,Gluten Free,Sugar Free) Diet Selain CFGFSF tersebut,anak juga harus berpantangan terhadap semua makanan /bahan makanan apapun yang diketahui tidak boleh dikonsumsi dan atau mengganggu/ merusak sistem nerobiologisnya atau memperlihatka efek masalah perilaku,baik yang diketahui dengan pemeriksaan laboratorium maupun dari hasil diet rotasi dan eliminasi (RnE diet).

Namun kunci keberhasilan kesembuhan anak-anak autistik yaitu intervensi dini dengan ABA (Applied Behavior Analysis) dan BIT (Biomedical Intervention Therapy).yaitu Intervensi dimulai sebelum usia 3 tahun,dimana semakin usia muda dari usia 3 tahun tersebut maka hasil yang diperoleh akan semakin baik, dan kemudian pada usia 5 tahun sudah menguasai bahasa (perhatikan bukan hanya menguasai bahasa,bukan hanya bisa berbicara,mohon bedakan antara dengan jelas kemampuan bicara dengan kemampuan bahasa).Beberapa mantan penyandang autisme kadang ada gejala sisa,namun tidak tampak atau tidak terperhatinkan atau tidak diketahui oleh masyarakat sebagi gejala sisa.

Namun,bertolak belakang dengan kenyataan tersebut,masalahnya Pengobatan Anak Autis di indonesia banyak tempat-tempat terapi, terapi individual (bukan ditempat-tempat terapi),dan orangtua penyandang autisme yang tidak /belum mengenal atau tidak/belum faham tentang ABA maupun BIT.Sehingga tidak melakukan terapi dengan metode ABA dan tidak menjalankan BIT.Atau kalaupun menjalankan,tetapi salah ataupun banyak salahnya.

Rekomendasi:Konsumsi VitaBrain, Suplemen Vitamin Untuk Otak Anak, BAGUS Untuk Perkembangan Anak Autis. Lihat detail di sini

This entry was posted in Anak Autis and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>