Cara Mengatasi Anak Autis

Cara mengatasi anak autis – kata autis atau autisme sering kita dengar, dan kta sebagai seorang wanita tentunya akan menjadi calon ibu atau yang sudah menjadi ibu sepertinya harus mengetahui hal tentang autis ini. Autisme itu sendiri penyebab nya sampai sekarang belum pasti, akan tetapi anak yang menderita penyakit autis biasanya akan mengalami kesulitan dalam hal berkomunikasi dengan orang lain atau dalam berhubungan sosial disekitar nya. Mereka akan lebih fokus terhadap dirinya sendiri dan fokus pada satu hal. Ia akan lebih mudah beralih saat diajak bicara, sehingga hal tersebut dapat membuat sulit dalam berinteraksi dan berkomunikasi.

Secara umum, anak yang mengalami gangguan ini akan mengalami efek pada sistem pencernaan, syaraf, dan kekebalan tubuh. Efek enzim dipeptil transferase yang berlebih dalam tubuhnya menyebabkan si anak autis tidak bisa mencerna casein (susu sapi) dan gluten (terigu). Jika tetap mengkonsumsi makanan tersebut, dapat dipastikan kadar morfin di otak yang berasal dari zat-zat tersebut meningkat, lalu anak terkesan berperilaku seperti morfinis (ketagihan obat). Maka dari itu diperlukannya cara mengatasi anak autis.

cara mengatasi anak autis

cara mengatasi anak autis

Gejala pada Anak Autis adalah :

  • Tidak peduli dengan lingkungan sosialnya
  • Tidak bisa bereaksi normal dalam pergaulan sosialnya
  • Perkembangan bicara dan bahasa tidak normal (penyakit kalinan mental pada anak adalah autistic-children)
  • Reaksi/pengamatan terhadap lingkungan terbatas atau berulang-ulang dan tidak padan.

Ciri-ciri Anak autis diantara nya adalah :

  • Suka melakukan gerakan secara berulang

Seorang anak autis pada umumnya akan suka melakukan suatu gerakan tertentu secara berulang dan secara terus-menerus dan tanpa adanya tujuan, gerakan seperti ini dapat disebut dengan gerakan streotipik, gerakan tersebut seperti mengepak-ngepakan tangan atau melimpat-lompat.

  • Tidak dapat fokus

Tidak bisa fokus dengan sesuatu, baik pada benda atau juga pada suatu perkataan orang lain. Dan hal ini pada akhirnya akan menyebabkan mereka menjadi susah untuk menangkap arti atau makna dari suatu hal tersebut.

  • Adanya gangguan interaksi sosial

Bagi penyandang autisme  pada umumnya sering tidak dapat melakukan kontak mata, tidak dapat bersosialisasi dengan baik dan akan terkesan tidak dapat peduli dengan sekitarnya. Gangguan interaksi lainnya adalah mereka yang umumnya tidak bisa bermain pura-pura, misalnya bermain masak-masakan perang-perangan dan sebagainya.

  • Tidak mempunyai kreativitas

Jika mereka sedang bermain, biasanya mereka akan melakukan permainan dengan cara yang sama. Bahkan banyak para ahli yang menilai bahwa anak autis kurang mempunyai tingkatan kreativitas dan kurang bisa menggunakan daya imajinasi yang mereka miliki. Hal  tersebut harus ditangani cara mengatasi anak autis.

  • Perkembangan akan tidak seimbang

Perkembangan seorang anak pada umumnya bersifat seimbang artinya dalam perkembangannya meliputi beberapa faktor dan secara bertahap. Namun sebaliknya perkembangan pada anak autis akan cenderung tidak seimbang misalnya perkembangan di satu bidang terjadi secara cepat namun dapat terhambat di bidang lainnya contoh, perkembangan kemampuan kognitif terjadi dengan pesat namun kemampuan bicara masih tetap terhambat atau perkembangan kemampuan bicara dapat terjadi secara pesat namun kemampuan motorik dapat terhambat hal tersebut sangat diperlukan penangan seperti cara mengatasi anak autis.

Macam-macam Cara Mengatasi Anak Autis adalah sebagai berikut :

  • Pertama cara mengatasi anak autis dengan mengubah lingkungan tempatnya berada, suatu keamanan adalah kunci nya demi menangani anak autis menciptakan lingkungan yang aman adalah sebuah tantangan. Karena begitu banyak nya prilaku anak anda mungkin memiliki potensi yang dapat membahayakan dirinya sendiri. Oleh karena itu sangatlah penting untuk dapat mengambil tindakan pencegahan seperti membaut rak pada dinding atau lantai dengan kencang. Atau dengan memastikan lemari berdiri dengan aman atau bisa juga menutupi dengan benda lain yang bisa mencegahnya dengan memanjat.
  • Kedua Cara Mengatasi Anak Autis adalah dengan mengubah keinginan anda terhadap anak anda, orang tua anda  mungkin mengajarkan anda untuk diam pada saat makan, akan tetapi bukan keinginan yang wajar bagi kebanyakan anak yang autis. Maka dari itu cobalah untuk memulai dengan tujuan yang lebih kecil, seperti pada saat duduk diam selama tiga menit, makan dengan menggunakan sendok, atau pun yang anda pikir dia bisa menangani . kemudian barulah membangun suatu tujuan yang lebih besar lagi seperti duduk diam selama waktu makan.
  • Ketiga Cara Mengatasi Anak Autis adalah cari jalan keluar yang positif untuk suatu prilaku yang tidak biasa, sementara memanjat disaat sedang berada di pusat hiburan mungkin adalah suatu yang buruk, memanjat di tempat olahraga bisa menjadi cara yang bagus untuk dapat membangun otot dan persahabatan, pada saat yang sama sementara berputar-putar di toko kelontong mungkin aneh, adalah hal yang wajar untuk berputar di ayunan ban, namun yang jadi  masalah di satu  tempat tersebut mungkin menjadi manfaat jika dilakukan di tempat lain.
Rekomendasi:Konsumsi VitaBrain, Suplemen Vitamin Untuk Otak Anak, BAGUS Untuk Perkembangan Anak Autis. Lihat detail di sini

This entry was posted in Anak Autis and tagged , , , . Bookmark the permalink.